Mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita semua tentang search engine yang satu ini. Mbah Google. Search engine yang sangat  terkenal, terdepan dan terpercaya (Haha… Berlebihan). Hampir setiap ber’Internet ria, yang pertama kita kunjungi adalah Google.  Kecuali bagi anda yang Internet’an khusus untuk Facebook. Setiap informasi yang ingin kita dapatkan selalu kita tanyakan kepada  Mbah Google. Lalu, bagaimana cara mendapatkan data yang akurat? Sedangkan banyak situs yang kurang informatif, tetapi muncul  di halaman paling depan?
Tentu saja hal tersebut akan memakan waktu yang lebih bagi anda untuk browsing dan tentu saja pihak yang diuntungkan salah  satunya adalah pemilik Warnet (Hehe… Peace). Tetapi, bagi anda yang memiliki waktu yang singkat, uang yang seadanya untuk  bayar di warnet, koneksi yang pas-pasan, apalagi untuk teman-teman mahasiswa yang internet di kampusnya sangat kurang  memuaskan tentu saja hal ini adalah sesuatu yang merugikan. Lalu, apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut? Silahkan nikmati hidangan dibawah ini :
1. FILE TYPE
===========
Misalkan kita ingin mendapatkan Tutorial Belajar Photoshop dengan tipe file PDF. Maka yang perlu kita lakukan dengan Google  Search Box adalah memasukkan kata berikut ini :

TUTORIAL BELAJAR PHOTOSHOP FILETYPE:PDF

Maka akan muncul semua artikel yang berhubungan dengan kalimat TUTORIAL BELAJAR PHOTOSHOP dengan file-file yang  bertipe PDF. Kemudian, apapun kategori yang ingin anda cari dengan tipe file tertentu, maka anda hanya perlu menambahkan  FILETYPE:TIPE_FILE_YANG_ANDA_INGINKAN pada saat browsing dengan Google.
2. HOST
=======
Perinsip kerjanya sama dengan FILETYPE, tetapi ini digunakan untuk mencari informasi pada situs-situs (host) tertentu saja. Misalkan anda ingin mencari Pengumuman Seleksi PMBT pada situs PNB.AC.ID, maka yang harus anda masukkan pada Google  Search Box adalah :

PENGUMUMAN SELEKSI PMBT HOST:PNB.AC.ID

Maka yang akan muncul pada barisan-barisan paling depan adalah informasi yang terdapat pada PNB.AC.ID, setelah itu disusul  dengan informasi lain yang berhubungan dengan kedua hal tersebut.
3. TITLE
=======
Untuk yang satu ini lebih diutamakan untuk mencari kata tertentu yang terdapat pada Judul suatu artikel. Misalkan kita ingin mencari  Tutorial Design Grafis dengan Judul yang berisi kata Photoshop, maka kita harus memasukkan kata-kata berikut ini :

TUTORIAL DESIGN GRAFIS TITLE:PHOTOSHOP

Maka akan keluar Tutorial Design Grafis dengan Judul yang berisikan kata Photoshop. Ini dapat anda gunakan pada saat mencari artikel dengan judul tertentu.
4. Tanda Kutip  ( ” )
================
Mungkin judulnya sedikit aneh dan kurang IT (Hehe…) tapi ng’gak apa-apa’lah, yang penting kan isinya. Ini digunakan untuk mencari kalimat tertentu dengan  catatan kalimatnya sama persis dengan apa yang kita ketikkan didalam tanda kutip. Misalkan kita ingin mencari kata Membuat Kue Dadar, maka kita harus mengetikkan :

“MEMBUAT KUE DADAR”

Setelah itu akan muncul links untuk artikel-artikel yang didalamnya terdapat kalimat Membuat Kue Dadar yang tergabung dalam satu kalimat.
5. Plus ( + ) Minus  ( – )
===================
Ini hampir sama dengan yang diatas, tetapi untuk pencarian yang lebih kasar. Misalkan kita ingin mencari artikel yang didalamnya  berisi kata-kata berikut ini : KASUS, KORUPSI, INDONESIA. Maka anda anda dapat mengetikkan :

KASUS+KORUPSI+INDONESIA

Maka akan muncul artikel-artikel yang berisi kata-kata Kasus, Korupsi, Indonesia(Tidak harus nyambung/menjadi satu kalimat,  berbeda dengan Tanda Kutip yang hasilnya menjadi satu kalimat). Lalu untuk apa tanda Minus (-) ? Yaa, untuk melakukan operasi  pengurangan Dunkz (Hehe…). Jika kita ingin mencari kata-kata tertentu tetapi tidak disertai dengan kata-kata tertentu juga (Maaf  Kalimat Sedikit Ribet), maka disinilah saatnya tanda Minus (-) beraksi. Misalkan anda ingin mencari artikel tentang Cara Membuat  Tape, tapi anda tidak ingin menampilkan kata Singkong disana karena tidak ingin mengungkit-ungkit lagi masa lalu anda sebagai  Penjual Tape Singkong (Hehehe… Salam Sejahtera… Just Kidding). Maka anda dapat mengetikkan :

CARA+MEMBUAT+TAPE -SINGKONG

Maka pada hasil pencarian akan muncul links untuk artikel-artikel Cara Membuat Tape, tapi tidak menampilkan kata Singkong  maupun Cara Membuat Tape Singkong. Maka ini bisa anda manfaatkan untuk mempersingkat waktu anda.
Sebenarnya masih ada bebarapa Tips Googling lagi, tapi itu tidak terlalu penting. Malahan akan membuat materi yang saya sampaikan menjadi kurang menarik dan menjejali memory anda. Sebagai catatan, pada saat memasukkan kata pada Google Search Box, anda tidak harus menggunakan Huruf Kapital dan contoh diatas hanya untuk mempertegas saja. Jadi, silahkan gunakan cara-cara diatas pada saat anda Browsing untuk menghemat waktu anda. Saya  harap semuanya dapat bermanfaat bagi kita semua.