Windows Experience Index di Windows 7 Image

Di setiap artikel review desktop PC, notebook atau notebook yang telah kami buat, kami selalu menyertakan Windows Experience Index sebagai salah satu referensi untuk menilai kinerja keseluruhan hardware.

Bagi seorang Staff IT, Windows Experience Index merupakan istilah biasa pada windows. Tetapi bagi orang awam, istilah tersebut bisa jadi sebuah istilah asing yang jarang terdengar. Mungkin juga anda baru pertama kali mendengar istilah tersebut.

Jika ingin lebih memahami apa itu Windows Experience Index, fungsinya apa, cara kerjanya bagiamana dan aspek yang lain, lanjutkan baca artikel menarik berikut ini:

Apakah Windows Experience Index itu?

Windows Experience Index adalah sebuah sistem untuk menilai kinerja keseluruhan hardware yang diperkenalkan pertama kali oleh Microsoft pada Windows Vista. Standard nilai dihitung dengan melakukan test benchmark secara keseluruhan terhadap CPU, RAM, Graphics Video, Hard Disk, Kecepatan Transfer data dan beberapa hal lain yang menyangkut kinerja hardware. Skor yang didapat dari setiap komponen dikumpulkan menjadi satu dan kemudian digabung menjadi skor utama dari Windows Experience Index.

Berapa minimal dan maksimal score yang bisa didapat?

Batas yang ditetapkan oleh Windows experience Index adalah 1 s/d 10. Satu adalah skor terkecil (Kinerja terburuk) dan sepeuluh adah skor paling atas (Kinerja Terbaik).

Pada hardware apa Windows Experience Index bisa digunakan?

Asalkan hardware anda bisa terinstall Windows 7, maka Windows Experience Index bisa digunakan untuk melakukan tes. Sebagai catatan, Windows Experience Index tidak bisa digunakan untuk keperluan pengetesan hardware eksternal seperti Printer, Camera, HDD eksternal dan hardware eksternal lainnya.

Bagaimana cara menggunakan Windows Experience Index?

Setelah desktop PC, noteboo atau netbook anda terinstall Windows 7, maka anda bisa langsung menggunakan Windows experience Index. Caranya klik tombol Start, geser kursor dari mouse ke menu Computer, klik kanan Computer dan lanjutkan dengan klik Properties. Pada bagian System, anda akan melihat tulisan Rating: System rating is not available.

Windows Experience Index di Windows 7 Image

Selanjutnya, klik link System rating is not available dan anda akan masuk pada jendela Rate and improve your computer’s performance. Untuk memulai melakukan pengujian hardware, klik tombol Rate this computer.

Proses penilaian memerlukan waktu beberapa menit dan pada beberapa kali kesempatan layar akan berkedip. Jangan panik karena itu merupakan proses normal untuk mengetes kualitas video graphics dari komputer, notebook maupun netbook anda.

Windows Experience Index di Windows 7 Image

Setelah proses selesai, system akan menyajikan skor hasil dari proses pengujian yang telah anda lakukan. Dapat anda lihat, berapa nilai skor dari hardware yang sedang anda gunakan.

Pada desktop PC/notebook/netbook saya sudah terdapat hasil pengujian oleh Windows Experience Index, padahal saya belum pernah melakukannya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Ketika pertama kali windows terinstall pada PC/notebook/netbook, dan tidak ada user yang melakukan pengujian manual, maka secara otomatis system akan melakukan pengujian hawrdware. Anda tidak akan pernah melihat prosesnya karena berjalan secara hidden (Tidak terlihat).

Windows Experience Index di Windows 7 Image

Dapatkah saya melakukan pengujian ulang?

Bisa, silahkan masuk pada tool Windows Experience Index yang sudah kami jelaskan sebelumnya, kemudian cari dan klik Re-run the assessment. Akan akan mengulang proses pengujian secara manual.

Windows Experience Index di Windows 7 Image

Saya dan teman saya memiliki speech hardware yang sama, mengapa hasilnya berbeda?

Skor Windows Experience Index dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari hardware, banyaknya software yang terinstall, suhu komponen dan banyak hal lain. Bisa saja ada perbedaan kinerja antara komponen yang satu dengan yang lain meskipun dengan tipe dan merek yang sama.

Apakah skor Windows Experience Index Akurat dalam menilai kinerja keseluruhan hardware?

Windows Experience Index merupakan salah satu tools untuk menguji hardware. Jangan hanya terpaku pada tools ini jika mengiginkan skor yang akurat. Lakukan pengujian mengujian dengan tool lain seperti Sisoft Sandra, NovaBench, 3DMark dan beberapa software lain. Dan karena hal itu, pada setiap artikel review yang kami buat selalu menggunakan beberapa software benchmark, tidak fokus hanya pasa satu software.

Catatan

Skor diatas kami dapat saat melakukan pengujian pada notebook Compaq Presario CQ42-207TU menggunakan Windows 7 Professional Edition dan didalamnya sudah terinstall beberapa sofware standard seperti Microsoft Office, Winamp dan beberapa aplikasi yang lain.