Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia persilatan online, mungkin artikel ini tidak begitu berguna karena anda pasti sudah mengerti dan pernah menggunakan trik ini. Tetapi bagi pengguna awam mungkin tips ini sangat berguna jika ingin mencari driver yang kebetulan hilang atau pihak produsen memang tidak menyediakan CD driver.

Tips Mencari Driver Notebook Menggunakan Google Image

Tips ini juga bisa membantu anda yang bingung dan hanya berputar-putar pada website penyedia driver pihak ketiga yang sebetulnya tidak menyediakan driver yang sedang anda cari.

Berikut langkah-langkah mencari driver notebook menggunakan search engine Google:

  • Buka website Google. Kami sarankan anda menggunakan Google International dengan alamat http://www.google.com
  • Ingat baik-baik website resmi dari produsen notebook anda. Misal tochiba adalah toshiba.com, lenovo adalah lenovo.com dan lain sebagainya.
  • Jika anda belum tahu website resmi dari produsen notebook, lakukan pencarian dengan menggunakan Google. Misalnya notebook yang anda miliki adalah kepunyaan “gateway“, maka ketik kata tersebut pada form yang disediakan. Terlihat hasil paling atas adalah official website dari produsen adalah gateway.com
    Tips Mencari Driver Notebook Menggunakan Google Image
  • Selanjutnya, ingat baik-baik tipe/seri notebook anda. Misal Toshiba C640, maka yang harus diingat adalah kata c640. Ingat juga operating system yang akan anda gunakan seperti Windows XP, Windows 7 atau versi lainnya.
  • Sekarang lakukan pencarian dari data yang anda kumpulkan tadi. Misalnnya anda ingin mencari driver WiFi dari Toshiba C640 untuk Windows XP, maka ketik c640 wifi driver windows xp site:toshiba.com atau bisa juga disingkat tanpa kata windows.
    Tips Mencari Driver Notebook Menggunakan Google Image
  • Hasilnya, pada hasil pencarian yang paling atas, ada orang lain yang memiliki masalah yang sama dengan yang anda hadapi. Buka halaman tersebut, dari situ anda tahu masalah tersebut belum terselesaikan.
    Tips Mencari Driver Notebook Menggunakan Google Image
  • Tekan tombol Back pada web browser dan buka hasil pencarian pada baris ke dua. Pada pencarian kedua, sepertinya masalah sudah terselesaikan, anda hanya perlu membuka link yang telah disediakan orang lain untuk mendownlaod driver yang sedang anda cari.
    Tips Mencari Driver Notebook Menggunakan Google Image
  • Buka link tersebut, dan tersedia pilihan untuk mencari driver dari toshiba C640. Tinggal pilih tipe notebook dan OS yang digunakan pada notebook.

Selesai sudah pencarian menggunakan Google. Meskipun hasilnya bukan pada website toshiba.com, anda tetap menggunakan tips ini untuk mencari driver yang lain.

Selain menggunakan cara diatas, anda juga bisa menggunakan kombinasi kata yang lain dalam mecari driver dari notebook yang anda miliki. Misalnya ketik kata pencarian seperti berikut ini

Toshiba C640 wireless driver download

Webcam driver Lenovo G460 for Windows XP

Driver modem Toshiba M505 S4972 Win 7

Intinya tetaplah kreatif menggunakan mesin pencari dan jangan sampai terjebak pada satu situs yang “pura-pura” menyediakan driver padahal sebenarnya pengelola website tersebut hanya ingin banyak pengunjung tanpa pernah menyediakan kebutuhan anda.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!