WoW udah lama banget ga nulis di blog. Selain malas :D memang kesibukan kuliah teramat menyita waktu banget, mau ngeblog via mobile juga malas banget ngetik panjang-panjang..

Nah sebelum akhirnya posting ini berubah menjadi curhat panjang dan ga jelas, mending langsung to the point aja dah. Di salah satu posting lama, ada kebimbangan waktu mau milih antara iPhone 3G, BlackBerry, atau Nokia (saja), tapi akhirnya dengan pertimbangan yang tidak menggunakan akal sehat, dirogohlah kantong yang cekak untuk membawa pulang sebatang BlackBerry 8520 Black Edition :D , kemudian disandingkan dengan kartu simPATI dari Telkomsel.

Nah bagi teman-teman yang belum dan pengen punya BB, segera hubungi saya untuk mendapatkan harga terbaik :D Di sini saya cuman mau berbagi kali aja ada juga yang mau menggunakan Telkomsel Blackberry Prepaid dengan simPATI / AS.

Nah layanan Telkomsel Blackberry Prepaid ini adalah layanan Blackberry Internet Service yang dapat di aktivasi/non-aktivasikan melalui SMS.  Telkomsel lah yang pertama kali meluncurkan di Indonesia lalu disusul oleh operator-operator lainnya.

Layanan ini begitu mudah digunakan sehingga menjadi pilihan favorit bagi pengguna BlackBerry pemula yang masih ingin mencoba-coba layanan operator maupun bagi pengguna yang memiliki beberapa handheld BlackBerry karena lebih mudah untuk berganti-ganti layanan (aktivasi dan non-aktivasi tanpa perlu ke galeri operator).

Waktu aktivasi layanan ini pun sangat cepat, yang berani dijanjikan operator adalah dalam 24 jam akan aktif tetapi kebanyakan sudah aktif dalam 1 – 2 jam.

Layanan BIS pre-paid ini sama dengan BIS post-paid dalam hal unlimited data selama menggunakan APN BlackBerry dan juga diberikan 10 account emails.

Nah untuk Telkomsel biayanya adalah Rp. 180.000,- / bulan, dan akan dipotong otomatis dari pulsa yang ada.

Begini lah kira-kira langkah-langkahnya :

  1. Kartu simPATI / AS nya diisi dulu supaya cukup Rp. 100.000,-.
  2. Kalo belum diaktifin 3G/GPRS nya ya diaktifin dulu, caranya ya kirim GPRS ke 6616 atau 3G ke 3636. Saranku sih sebaiknya di ponsel lain dulu.
  3. Nah sekarang masukin chip simPATI / AS yang sudah aktif tadi ke handheld BB mu. Jangan lupa untuk catat dulu PIN dan IMEI handheld (nanti digunakan untuk registrasi).
  4. Dari handheld BB kirim SMS ketik BB REG ke 333. Tunggu dapat balasan, nanti reply dengan isi BB ON.
  5. Kadang kala BB harus direstart dulu, matikan, cabut baterai, lalu pasang lagi.
  6. Setelah mendapat pesan bahwa BIS sudah aktif, artinya BB sudah siap digunakan. Tandanya akan muncul tulisan 3G atau GPRS / EDGE (dengan huruf besar).
  7. Buka Menu Option – Advanced Option – Host Routing Table. Lalu klik Menu – Register Now.
  8. Lalu registrasikan email mu lewat menu Email Setting, buat akun baru dengan mengisi PIN dan IMEI handheld.

Nah sesimpel itu saja sih perpaduan BlackBerry dan Telkomsel Prepaid. Yang sangat disayangkan adalah walaupun Telkomsel yang pertama, namun hanya ada pilihan langganan selama 1 bulan, bedakan dengan Indosat yang per minggu, bahkan XL yang harian :D

Untuk berhenti berlangganan, caranya ketik BB UNREG kirim ke 333.

Nah sekian dulu deh, nda bisa banyak-banyak juga, secara juga baru pake BB :D dan juga baru nyoba Telkomsel. Nanti kalo sudah nyoba yang XL atau Indosat, akan dilanjut postingannya. Terutama kalo kita gonta-ganti handheld, terus masalah release PIN, ganti atau nambah email account, ntar semuanya akan diberitahukan secara nyicil :D

Kalo ada teman-teman yang koreksi atau menambahkan, monggo silaken di comment.