2010
Pengaturan Email Pada Blackberry 

Demam Blackberry terjadi dimana-mana tetapi banyak yang sekedar ikut-ikutan tidak tahu kelebihan dari produk RIM ini yang memang tidak ada duanya untuk saat ini.

Seperti kita ketahui blackberry adalah ponsel yang sangat canggih, karena fasilitasnya melebihi ponsel-ponsel lainnya. Salah satunya terdapat Fitur PUSH Email yang berguna untuk mengirim Email seperti halnya mengirim SMS biasa. Mengapa bisa demikian??? Karena pada saat kita mengirim Email Push Email akan bekerja dengan sendirinya untuk mengkompres email tersebut sehingga file tersebut kapasitasnya menjadi kecil. Adapun cara- cara yang  kita bahas mengenai masalah Email:

Menampilkan Gambar pada Email HTML

Seperti kita ketahui email yang kita terima kebanyakan hanya berisi teks biasa seperti SMS biasa namun kadang-kadang kita juga menerima Email berbentuk HTML.. Email tersebut biasanya berbentuk web kecil yang sudah dikompres untuk bisa digunakan untuk mengirim Email. Agar kita dapat mengirim Email yang berisi gambar, berikut cara yang bisa kita terapkan :

Pertama  kita harus masuk pada layar Message, lalu kita pilih Email yang beraplikasi HTML. Biasanya gambar pada email tersebut tidak ditampilkan, agar gambar tersebut muncul maka kita klik terlebih dahulu gambar, lalu tekan Menu dan pilih Get Image. Jika kita ingin memPreview keseluruhan dari gambar tersebut maka pilih tombol Menu lalu Get Image dan langkah yang paling terkhir adalah Klik Yes.

Menampilkan Email dengan layar yang berbeda

Jika kita perhatikan, terkadang tampilan email yang selalu kita lihat sangatlah tidak menarik, karena ditampilkan dalam berbentuk baris, dan disitu terdapat nama pengirim maupun subjek email yang berada dalam bentuk baris yang sama. Kita dapat mengubahnya agar tampilannya berbeda, tampilannya memudahkan kita untuk membedahkan antara nama pengirim dan subjek email berada pada baris yang berbeda.

Adapun cara-cara untuk mengubahnya  yaitu:

Klik ikon Messages pada home screen, lalu pilih tombol Menu dan klik Option, kita akan memasuki layar Messages Option kemudian klik General Options, ketika pada General Option masukanlah Display Order : Name, Subject, Display Message, Header On: 2 lines, seprators: Stripes, sesudah itu pilih tombol Menu dan klik Save. Tampilan Messages akan kelihatan berbeda dari biasanya.

Menyimpan Email dan SMS Pada Folder Saved Messages

Terkadang kita bosan menyimpan Email & SMS yang sudah banyak,  karena itu kita selalu menghapusnya tanpa kita perhatikan pesan tersebut penting atau tidak. Tentu saja kita akan menyesali apabila Email atau SMS tersebut yang sangat penting terhapus tanpa disengaja. Untuk itu kita dapat menyimpan Email atau SMS yang lebih penting pada direktori Saved Messages. Fungsi dari direktori Saved Messages yaitu tempat penyimpanan dari email dan SMS.

Adapun cara-cara untuk menyimpan email dan SMS pada direktori :

Masuklah ke layar Messages, sesudah itu kita harus memilih antara email atau SMS yang hendak kita simpan, lalu pilih tombol Menu dan klik Save, proses tersebut akan dilakukan.

Jika kita ingin melihat email dan SMS yang sudah kita simpan pada Home Screen, kita harus meng-klik ikon Saved Messages, sesudah itu pada layar Messages bisa kita lihat kumpulan email dan SMS yang dianggap penting.

Seperti kita ketahui  Saved Messages berfungsi sebagai menyimpan email atau SMS, selain itu juga memiliki fungsi compose email, sms, mms, dsb.

Memisahkan E-mail dan SMS

Pada umunya default email dan sms yang masuk akan tersimpan pada folder Messages. Hal ini akan membingungkan kita untuk membedakan antara SMS dengan Email apabila jumlah email dan sms terlalu banyak. Maka kita harus membedakan folder SMS dan Folder Email. Cara yang bisa kita gunakan adalah :

Klik Icon Message yang terdapat pada Home Screen, kemudian tekan Menu dan pilih Options. Maka pada layar Message Options kita pilih General Options lalu pada opsi SMS dan Email Inboxes KLIK Separate. Jika kita sudah mengubah opsi tersebut maka klik Menu dan Save. Untuk mengeceknya dapat kita lihat pada Home screen. Disitu kita akan melihat terbaginya icon SMS dan Icon Email.

Mengatur Agar Email Tertentu Tidak Masuk ke Blackberry

Saat kita memiliki Blackberry adakalanya kita bosan dengan Blacberry yang kita gunakan dan biasanya kita mendaftar baru pada BIS padahal sebenarnyha kita tidak perlu mendaftar baru lagi. BIS yang lama sebenarnya bias kita gunakan pada Blackberry kita yang baru dengan cara mengganti PIN dan IMEI yang ada pada BIS. Berikut langkah-langkanya :

Buka Browser Blackberry yang baru, Masuk pada layanan Blacberry Internet Servise, maka kita akan masuk pada Accout lalu pilih Settings > Change Device. Lalu masukkan

Pada Device PIN masukkan nomor PIN yang baru

Pada Device IMEI masukkan nomor EMEI yang baru.

Jika sudah Save, Maka kita akan menggunakan BIS yang lama dengan Ponsel yang baru.

Menghapus E-mail Secara Bersama

Seperti kita ketahui ponsel blackberry memiliki memori yang tidak mencukupi, kalau kita lebih banyak menampung email maka kapasitas memori yang ada akan terkurang. Tentu saja hal seperti itu terkadang membuat ponsel kita menjadi Error. Apbila kita menginginkan untuk menghapus email dari blackberry, ada beberapa cara-cara dibawah ini :

Masuklah ke layar Mesagges, kalau kita sudah masuk klik pada tanggal terbaru, kemudian tekanlMenu dan klik Delete Prior, jika muncul konfrimasi, klik Delete, penghapusan akan selesai.

Menghilangkan Petunjuk Pesan

Apabila ada Email atau Pesan yang masuk maka akan muncul reminder. Adakalanya kita tidak membutuhkan reminder tersebut maka kita bisa menghapusnya dengan cara :

Masuklah ke layar  Message, pilihlah tombol menu dan klik menu Option, Apabila kita sudah masuk ke layar message Option klik General Option,  Pada layar General Option disana nanti kita akan menemukan opsi Display Message Count lalu gantilah keterangannya menjadi No, kemudian pilihlah menu lalu Klik Save.

Menggunakan Shortcut untuk Mengakses Email

Agar kita lebih mudah untuk mengakses layar Messages, adapun cara-caranya yaitu kita bisa memanfatkan beberapa shortcut. Shortcut bisa digunakan dengan cara mengklik pada tombol yang terdapat pada keypad.

C (composes) : Berfungsi untuk menulis email baru.

N (Next) dan  P (previous) : Berfungsi untuk membaca email selanjutnya dan sebelumnya.

U (Unread) : Berfungsi untuk mengembalikan pada email uang belum. dibaca.

R (Replay) : Kegunaan tombol tersebut yaitu untuk membalas email. yang kita pilih.

F (Forward):                            : Berfungsi untuk meneruskan isi email.

L (All) : Kegunaannya membalas seluruh email yang ada.

K : Untuk email selanjutnya maupun sebelumnya dalam judul email yang sama.

S                                              : Berfungsi untuk melakukan pencarian isi email.

T (Top) dan B (Botom) : Berfungsi untuk Email yang ingin kita arahkan ke bagian atas maupun bawah.

Menghilangkan Signature Powered by Blackberry

Jika kita ingin mengirim email ke orang lain menggunakan Blackberry, pada bagian bawah selalu muncul signature yang bertulisan “Sent From my Blackberry”, “Powered By Telkomsel Blackberry”, atau “Powered by Sinyal Kuat INDOSAT”.

Apabila kita ingin menghilangkan signature tersebut, dapat lakukan dengan cara mengakses layanan Blackberry internet service, cara tersebut bisa kita gunakan dari Blackberry maupun melalui PC. Biar lebih mudah kita mencobanya dengan menggunakan PC.

Berikut cara-caranya:

Terlebih dahulu kita harus menjalankan browser dari PC, dan pada address ketiklah alamat BIS dari operator, misalnya : http://telkomsel.blackberry.com, kemudian kita login pada layanan BIS, sesudah itu kita bisa lihat ada beberapa account email, lalu pilih email yang hendak kita hapus dan klik tombol Edit, disitu kita akan masuk ke halaman General Setting dari email yang akan di pilih dan pada opsi signature kita harus menghapus tulisan yang akan di tampikan, sesudah itu klik save.

Biar Email Tidak Di-Forward ke Blackberry

Apabila account email dari blackberry yang terlanjur di buat tetapi kita tidak mau menerimanya dari blackberry, kita dapat menonaktifkan forward email sehingga email tersebut hanya dapat kita terima bias melalui PC.

Adapun cara-caranya untuk mengaturnya:

Terlebih dahulu harus kita login ke layanan BIS, kemudian pada email setting pilihlah email pada forward-nya yang tidak ingin kita tampilkan, lalu klik Filter, apabila kita sudah memasuki halaman filters untuk email, klik-lah pada opsi Do not forward messages to device, jika muncul muncul konfrimasi klik OK.

Mengatur Agar Email Tertentu Tidak Masuk Ke Blackberry

Kita harus mengetahui email yang ,masuk ke dalam inbox email semuanya akan otomatis di-forward ke dalam Blackberry. Kita dapat mengaturnya agar email tertentu tidak di-forward ke Blackberry. Cara mengaturnya dapat juga kita lakukan melalui layanan BIS yang digunakan.

Berikut langkah-langkahnya :

Login ke layanan Blackberry Internet Service melalui PC, jika kita sudah masuk ke halaman Email Setting dan pilih email yang hendak kita Filter, kalau sudah kita pilih klik link Filter, kemudian klik tombol Add a Filter, dan kita akan masuk ke halaman Add Filter dan pada filter name isilah dengan nama filternya, Apply filter when pilih “From:” field. Pada Contains silahkan masukan alamat email yang tidak kita ingin dikirimkan, lalu pililah opsi Do not forward messages to device, kemudian klik tombol Add Filter dan klik OK.

Mengakses Pasword untuk Mengakses BIS

BIS yang kita gunakan bisa saja diketahui oleh orang lain dan kita merasa tidak aman. Kita bisa mengganti passwordnya agar BIS yang kita gunakan aman. Kita bisa membuat password yang terdiri dari huruf dan angka agar password tersebut aman.

Adapun cara untuk mengubah langkah-langkahnya adalah :

Masuklah ke layanan Blacberry Internet Service, maka kita akan masuk pada Accout lalu pilih Settings > Password, Lalu masukkan:

Password yang lama pada Old Password

Password yang baru pada Change password dan Confirm password