Apapun yang sudah sepakat kamu putuskan, itulah yang harus kamu persiapkan, mulai dari jenjang program, bidang studi, sampai pilihan universitas.

Semua itu memang harus direncanakan dengan matang, baik dari sisi waktu maupun biaya. Mulai saat ini juga, kamu sudah melakukan perencanaan itu.

– Program undergraduate (S-1) di Inggris diselesaikan dalam waktu 3 (tiga) tahun. Tetapi, khusus untuk program S-1 Kedokteran memakan waktu 4-5 tahun. Sementara itu, program postgraduate (S-2) dapat diselesaikan hanya dalam waktu 1 (satu) tahun.

– Biaya perkuliahan di Inggris bervariasi, tergantung bidang studi serta universitas yang dituju. Untuk program undergraduate (S-1) dan postgraduate (S-2) Arts & Social Science biayanya berkisar antara £9,450 – £11,000 per tahun.

– Khusus biaya untuk program undergraduate (S-1) dan postgraduate (S-2)/peneliti yang menggunakan laboratorium atau workshop berkisar antara £12,400 – £13,750 per tahun, sedangkan untuk program undergraduate (S-1) dan postgraduate (S-2) Kedokteran berkisar antara £13,450 – £23,00 per tahun. Adapun untuk program MBA berkisar antara £14,000 – £22,000 per tahun.

– Apabila tinggal di London, maka perkiraan biaya hidup sekitar £800 per bulan sudah termasuk biaya tempat tinggal, kebutuhan sehari-hari, serta transportasi. Sementara di luar Kota London, biaya hidup per bulan sedikit lebih murah, yaitu sekitar £600 per bulan.

– Untuk menambah uang saku, para pelajar dapat mencari tambahan biaya dengan bekerja paruh waktu selama kuliah. Maksimum waktu kerja yang disyaratkan adalah 20 jam per minggu.