Valentino Rossi berhasil memenangkan MotoGP Belanda yang berlangsung di sirkuit Assen, Sabtu (27/6). Dengan demikian, The Doctor dapat memenuhi ambisinya menorehkan kemenangnan ke-100 di putaran ke-7 dan sekjaligus mengambil alih pimpinan teratas sementara dengan total 131 angka.

Padahal, sebelum balapan Rossi sempat mengnutarakan kalau balapan di Assen ini cukup sulit. Pasalnya, karakter lintasan banyak tikungan dengan sudut kemiringan yang bervariasi. Kalau sampai melakukan kesalahaan, risikonya jatuh.

ternyata, The Doctor mampu melesat dengan mulus tanpa melalui perjuangan berat. Dihadapan sekitar 99 ribu penonton yang sebagian menudukungnya dengan mengnenakan seragam kuning dan nomor start 46, ia melesat tanpa ada keselahan sedikit oun

Tempat kedua direbut rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Meski start kurang mulus, tapi pebalap Spanyol ini bisa menunjukkan performanya. Sempat melorot satu tingkat jadi keempat, namun pada lap ketiga ia bisa menyalip Dani Pedrosa di lap ke-3.

Didukung tenaga motor dan settingan yang pas, Lorenzo dapat menggeser pebalap Ducati, Casey Stoner di lap-4. Ia kemudian coba mengejar rekan setimnya, Rossi namun upayanya tak berhasil. Kini ia menduduki peringkat kedua dengan 126 angka

Sementara tempat ketiga diduduki Stoner. Pebalap Australia itu sepertinya kurang mendapat dukungan dari tenaga motornya. Sirkuit Assen yang sarat dengan tikungan dan tidak memberi kesempatan pada pebalap untuk bisa menegakkan badan ini, sulit buat Stoner bisa memaksimalkan mesin Desmosedici GP9 yang cukup galak itu.
Stoner pun kini menduduki peringkat ketiga sementara dengan 122 angka

Honda gagal total
Pebalap andalan Honda Dani Pedrosa gagal menunjukkan performa terbaiknya. Ia terjatuh pada lap ketiga setelah disalip Jorge Lorenzo akibat menikung terlalu miring dan melebar.

Meski ketika start sempat melejit ke depan, namun tidak sampai setengah putaran, posisinya diambil alih oleh Casey Stoner. Pebalap Spanyol itu tampil tanpa didukung kondisi fisik yang prima lantaran cederannya yang belum pulih betul.

Dengan terjatuh kembali Dani, semakin kuat kemungkinan dirinya bakal didepak dari tim. Sinyal ini sudah ditunjukkan Honda dengan merekrut juara dunia 250 cc, Marco Simoncelli dari Italia.

Sesuai ketentuan, pebalap dari 250 cc tidak boleh langsung masuk ke tim pabrikan, harus melalui tim satelit. Makanya, tahun depan ia bergabung dengan tim Gresini.

Ternyata, Assen bukan sirkuit yang bersahabat bagi tim Repsol Honda. Pada lap ke-10, giliran Andrea Dovizioso terpental dari motornya. Padahal, pebalap kedua Honda sudah menduduki urutan keenam.

Korban keganasan dari trek Assen ini Mika Kallio. Menjelang putaran terakhir, pebalap asal Finlandia itu terlempar keras dari motornya saat menikung, Ia mengalami cedera pada pergelangan dan jari tangan kirinya.