Setelah lulus baru membuka usaha atau bekerja dulu baru membuka usaha? Pertanyaan tersebut mungkin sering terlintas di benak calon pengusaha yang baru akan memulai usahanya. Terkadang keragu-raguan inilah yang pada akhirnya membuat kemajuan mereka menjadi tertunda.

Menurut Prof. Roy Sembel, PhD, Dekan Business School dan Direktur Program Pascasarjana UPH, setiap orang memiliki “bibit” yang berbeda. Jadi, perkara lulus langsung buka usaha atau bekerja dulu, tergantung dari kesiapan masing-masing orang. ”Sebab, jika dipaksa untuk langsung terjun buka usaha juga, peluang untuk majunya akan kecil. Jadi, sebaiknya seorang entrepreneur sudah terbiasa berwirausaha sejak kecil,” tambahnya.

Senada dengan Roy, Prof. Agus W Soehadi, Direktur Program S1 Bisnis Prasetiya Mulya Business School, menuturkan bahwa motif utama entrepreneur ada dua macam, yaitu entrepreneur karena keterpaksaan dan entrepreneur karena melihat peluang.

Entrepreneur karena keterpaksaan biasanya tidak akan dapat berkembang di masa depan karena tidak memiliki niat dan bekal pengetahuan yang cukup. Sementara, entrepreneur karena melihat peluang biasanya memiliki kemungkinan untuk maju yang lebih besar di masa depan.

Menjadi seorang entrepreneur secara langsung setelah lulus kuliah memang bukanlah perkara yang mudah. Namun, bukan berarti Anda sudah dipastikan tidak akan berhasil jika nekat langsung terjun membuka usaha setelah lulus kuliah.

Kedua pilihan tersebut, memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebagai contoh, jika Anda memilih untuk bekerja dulu baru kemudian membuka usaha, Anda akan lebih mengetahui sistem dan seluk beluk dunia kerja. Selain itu, berbagai macam pengalaman, ilmu, dan kedisiplinan Anda pun akan meningkat dan ditempa di sana.

Namun, masalahnya, jika Anda sudah berada di posisi yang aman dan nyamaan di sebuah perusahaan, biasanya muncul kecenderungan lupa kembali ke tujuan utama yaitu membuka usaha. Salah satu alasannya adalah karena takut dan tidak berani untuk membuka usaha yang baru.

Sementara, jika membuka usaha langsung setelah lulus kuliah, kesulitannya adalah Anda akan memulai segala sesuatunya dari nol serta tanpa modal dan pengalaman. Di sini, hal yang berperan adalah kematangan karakter dan mental. Jika Anda gagal, yakinlah bahwa semua kegagalan itu adalah sebuah proses menuju kemenangan. Sebaliknya, jika Anda sukses, jangan lantas berpuas diri. Sebab, semua bisnis itu ada pasang surutnya. Hal ini sesuai dengan kata pepatah bahwa, ”di atas langit masih ada langit.”