Waaaaa…….

Kemarin saya sedang pergi ke kampus, dan merasa kehausan. jadi saya pergi menuju sebuah kantin untuk membeli minuman botol (fruit tea), dan betapa kagetnya saya saat melihat bahwa mulai bulan ini, fruit tea telah menghapus tulisan di botol mereka!! Mungkin anda bingung, apa tulisan yang saya maksud. Jadi begini asal mulanya, jika saya sedang haus, ada 2 jenis minuman yang akan saya beli. Aqua dan Fruit tea. Kenapa fruit tea? bukan yang lain?! karena dari tahun ke tahun sejak saya kecil, fruit tea adalah salah satu product yang mencantumkan tulisan “tanpa bahan pengawet” dan “dengan perasa alami”. Jadi saya merasa aman. Tapi sekarang, tulisan itu sudah di hapus!! Kenapa? Saya pun tidak tahu. Tapi semenjak itu, saya tidak pernah membeli minuman tersebut lagi..

Bicara tentang minuman atau makanan, tentu saja terdapat bebagai zat yang terkandung di dalamnya. Dan dari pencarian saya, ada beberapa hal yang cukup menarik untuk kita ketahui dan cermati bersama.

Istilah pada label makanan sering sulit dipahami. Berbeda satu kata saja, artinya sudah jauh berbeda. Misalnya, istilah “kalori dikurangi” tidak sama artinya dengan kata “bebas” atau “rendah”. Produk ini mengandung kalori 25 persen lebih rendah dibandingkan produk biasa. Namun, itu tidak lantas berada di bawah batas kebutuhan kita sehari-hari, demikian menurut dr Johanes C Candrawinata, MND, SpGK. Supaya lebih jelas, simaklah daftar berikut.

1. Kalori
Calorie free = bebas kalori: kurang dari 5 kalori per takaran saji.
Low calorie = rendah kalori: kurang dari 40 kalori per takaran saji.
Reduced atau less calorie = kandungan kalori dikurangi 25 persen dibanding produk reguler.

2. Lemak total
Fat free = bebas lemak: kurang dari 0,5 gr per takaran saji.
Low fat = rendah lemak: kurang dari 3 gr lemak per takaran saji.
Reduced atau less fat = kandungan lemak dikurangi 25 persen dari produk reguler.

3. Lemak jenuh
Saturated fat free = bebas lemak jenuh: maks 0,5 gr per takaran saji.
Low saturated fat = rendah lemak jenuh: kurang dari 1 gr lemak jenuh per takaran saji.
Reduced atau less saturated fat = kandungan lemak jenuh telah dikurangi 25 persen dari produk reguler.

4. Kolesterol
Cholesterol free = bebas kolesterol: kurang dari 2 mg kolesterol per takaran saji.
Low cholesterol = rendah kolesterol: kurang dari 20 mg per takaran saji.
Reduced atau less cholesterol = kandungan kolesterol di dalamnya telah dikurangi 25 persen dari produk reguler.

5. Sodium (garam)
Sodium free = bebas garam: kurang dari 5 mg per takaran saji.
Low sodium = rendah garam: kurang dari 140 mg garam per takaran saji.
Reduced atau less sodium = kandungan garam di dalamnya telah dikurangi 25 persen dari produk reguler.

6. Gula
Sugar free = bebas gula: kurang dari 0,5 mg gula per takaran saji.
Reduced atau less sugar = kandungan gula di dalamnya telah dikurangi 25 persen dibanding produk reguler.