Apakah anda memasang antivirus di komputer (windows)? Jika iya, bagaimana jika kita ingin mengetes kinerja antivirus tersebut ? Bisa saja menggunakan virus sungguhan, tetapi sangat beresiko. Bagaimana jika anti virus tidak mendeteksi ? Virus malah akan menyebar di komputer. Berikut test standard antivirus yang dapat dilakukan dengan mudah untuk mengetahui kinerja feature resident shield (feature antivirus yang melakukan monitor secara real time terhadap kerja suatu program/process).

Test ini disediakan oleh EICAR Sebuah organisasi security Ahli di Eropa. Test ini didistribusikan sebagai “EICAR Standard Anti-Virus Test File”. File ini aman, karena bukan sebuah virus, dan tidak menyertakan sedikitpun code yang membahayakan. Anti-virus akan mengenali sebagai “EICAR-AV-Test” atau sejenis itu.

Berikut caranya :

  1. Buka Notepad
  2. Ketikkan atau paste text berikut :
    X5O!P%@AP[4\PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*
  3. Simpan dengan ekstensi .com. Misalnya “Eicar.com” ( Ketika menyimpan pilih bagian “Save as type” dengan “All Files”, kemudian di notepad, simpan dengan tanda petik, misalnya “EICAR.COM” ).
  4. Jika anti-virus berjalan baik, maka sebelum file dijalankan pun antivirus akan mengenali. Jika tidak, maka jalankan file tersebut dengan double click atau melalui DOS Prompt

Di komputer yang saya gunakan, kedua antivirus (AVG dan Avira Antivir) mendeteksi dengan baik. Berikut tampilan ketika mendeteksi :
eicar test file
Berikut tampilan avira antivir ketika mendeteksi test file ini :
eicar test file antivir

File tersebut merupakan program DOS, dan akan menghasilkan / menampilkan tulisan “EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!”.
Jika ingin mengetahui apa maksud karakter-karakter aneh diatas, silahkan membaca artikel ini : THE ANTI-VIRUS OR ANTI-MALWARE TEST FILE