Polling iseng menjelang pemilu nih, Menurut temen2 sekalian siapa Presiden terbaik yang pernah dimiliki bangsa ini, kalo bisa sertakan alasan juga

untuk pembuka ini review presiden dan mantan presiden Indonesia

Soekarno :
Orator ulung yang tidak ada tandingannya. Kesuksesan terbesarnya ialah mampu membuat kata “merdeka” digemakan di seluruh penjuru Indonesia. Selain itu, ia merupakan tokoh yang sangat disegani oleh para pemimpin dunia. Saya rasa sekarang ini di Indonesia tidak ada satu pun tokoh yang mampu menyamai kekuatan karakter seorang Soekarno. Tapi sayang, ia mendapatkan ending yang kurang mengenakkan di akhir kepemimpinannya dikarenakan paham sosialis-komunisnya yang ditentang oleh sebagian besar rakyat Indonesia bahkan oleh wakilnya sendiri, Moh. Hatta.

Soeharto :
Gaya militernya sangat khas sekali di mata kita : keras, arogan, dan harga diri tinggi. Hal inilah yang membuat tidak ada seorang pun yang berani menentangnya bahkan hanya untuk sekedar mengkritiknya. Ia mampu membuat bangsa ini mencapai swasembada beras di sekitar tahun 80-an. Selain itu, ia juga berhasil membangun pondasi yang baik di beberapa sektor kehidupan (sospolekbudhankam). Kesalahan terbesarnya adalah ketika dia mengkhianati kepercayaan rakyat dengan melakukan berbagai kecurangan politik dan ekonomi (KKN).

Habibie :
Presiden berotak brilian dan jenius. Ia menggantikan Soeharto yang dikudeta oleh mahasiswa. Tidak banyak yang bisa diceritakan mengenai kepemimpinannya karena ia hanya memerintah kurang dari 1 tahun saja. Salah satu sebab mengapa dia tidak dipercaya untuk memerintah cukup lama ialah karena kedekatannya terhadap Soeharto sehingga rakyat khawatir jika ia dipercaya, tidak akan ada bedanya dengan kepemimpinan Soeharto yang penuh dengan aroma KKN. (Walapun saya sebenarnya secara pribadi percaya bahwa Habibie adalah seorang presiden yang “bersih”).

Gus Dur :
Presiden yang sangat kontroversial. Banyak keputusannya yang “aneh” dan sering mengundangan tentangan dari banyak pihak, salah satunya ialah ketika Gus Dur berusaha menjalin kerjasama dengan Israel. Belum lagi ketika ia secara tidak jantan tidak mau mengakui perkataannya sendiri yang waktu itu diwakilkan oleh jubirnya. Bahkan malah ia menuduh jubirnya tersebut membuat pernyataan palsu. Namun pada masa pemerintahan Gus Dur, demokrasi mulai berani ditegakkan. Hal ini dapat dilihat dari adanya kebebasan pers di kalangan para jurnalis.

Megawati :
Satu-satunya presiden yang tidak mempunya gelar karena pendidikan terakhirnya hanyalah SMA. Ia merupakan presiden substitute karena pada saat itu Gus Dur diturunkan dari jabatannya sebagai presiden. Pengaruhnya besar dikarenakan bayang-bayang ayahnya, Soekarno. Tidak banyak kemajuan berarti yang ia lakukan selama memimpin bangsa ini.

SBY :
Inilah presiden yang langsung dipilih rakyat. Sebuah perwujudan dari keberhasilan demokrasi di Indonesia. Walaupun berlatarbelakang pendidikan militer tapi ia cenderung kurang tegas dalam mengambil sebuah kebijakan. Hal inilah yang sering mengundang kritik dari berbagai pihak. Salah satu contoh yang paling anyar ialah sewaktu pengumuman pergantian kabinet dan masalah interpelasi dengan DPR yang tidak kunjung selesai. Program 100 hari yang dijanjikannya pun ternyata tidak terlalu memuaskan. Akan tetapi, banyak kemajuan yang berhasil dicapai oleh SBY. Di antaranya ialah terjalinnya banyak kerjasama dengan negara lain, stabilitas rupiah, otonomi daerah yang mulai terwujud, dan sebagainya.

jadi siapa yang terbaik menurut kalian?