Fenomena “lingkaran aneh di ladang gandum” beberapa kali terlihat di sejumlah negara. Sejumlah spekulasi pun bermunculan

Di sekitar kita begitu banyak hal-hal misterius yang belum dapat dipecahkan. Salah satu yang menarik adalah munculnya lingkaran aneh di ladang gandum. Bentuk-bentuk lingkaran itu sedemikian sempurna, dari ukuran yang simetris, memiliki tingkat kerapian, ketelitian yang tinggi dan dalam ukuran yang sangat besar. Seolah olah dibuat dengan mencetaknya karena gambar ini tiba-tiba muncul dalam satu malam. Kita jadi teringat cerita 1001 malam Aladdin atau cerita rakyat Roro Jongrang dan 1000 candi. Selain bentuk lingkaran juga ada bentuk lain yang lebih rumit dan njlimet.

Kemunculan lingkaran misterius ini telah beberapa kali terjadi, dan kali ini muncul lagi lingkaran aneh di ladang gandum Rusia. Lingkaran aneh di ladang gandum, muncul dan hilang silih berganti, tidak dapat dimengerti, bila akan dibenahi malah semakin kusut. Fenomena yang selalu muncul secara mengejutkan di ladang gandum ini, kini malah terlihat di daerah bunga matahari di perbatasan Krasnodar, Rusia. Gambar bundar bunga matahari yang merebah bukan main indahnya, membuat orang berdecak kagum. Orang Rusia juga menemukan lingkaran aneh ini di daerah gandum Togliatti, Rusia, bahkan ditemukan di sekitar bangunan penduduk.

Menurut pembuktian peneliti Stannisrave Sminove dari Rusia, jika batang gandum dimasukkan ke dalam microwave, kemudian ditambahkan dengan segelas air, maka akan muncul pemandangan berupa lingkaran aneh yang biasa dilihat orang-orang di ladang gandum pada batang gandum yang mulai merebah dan melengkung. Namun, Sminove belum menemukan apa penyebab pancaran gelombang mikro bisa muncul di ladang gandum. Menurut Annyatoli Alliayev dari lembaga perangkat keras Rusia, bahwa pancaran gelombang mikro besar kemungkinan akibat dari sambaran petir. Ketika dia dan pekerjanya mencoba perangkat keras bertegangan tinggi, dia mendapati kabel yang tergantung setinggi 10 meter dari permukaan lantai tiba-tiba mengarah ke rerumputan dan memancarkan petir buatan, rerumputan itu lantas berkelok-kelok turun naik, membentuk lingkaran bundar searah jarum jam.

Sudah 350 tahun sejarahnya

Menurut catatan dokumen, lingkaran aneh ladang gandum awalnya muncul di Ingris, tepatnya tahun 1647, hingga sekarang sudah berlalu 350 tahun lebih. Lingkaran aneh itu membentuk berlawanan arah jarum jam. Pada awal tahun 80-an silam, orang Inggris berkali-kali melihat lingkaran aneh di daerah Winchester, Inggris, dan sebagian besar terlihat di ladang gandum, oleh karena itu lingkaran aneh umumnya dinamakan “Lingkaran ladang gandum”.

Sejak ratusan tahun silam, fenomena misterius ini terus bermunculan, di Amerika Serikat, Australia, Eropa, Asia dan kawasan lainnya kerap terlihat lingkaran ladang gandum, dan sebagian besar diantaranya ditemukan di Inggris. Ditilik dari catatan terkait, bahwa musim yang paling sering munculnya lingkaran ladang gandum adalah pada musim semi dan panas. Gambar lingkaran ladang gandum juga berbeda-beda, dari sebuah lingkaran perlahan-lahan berevolusi menjadi dua atau tiga bundaran yang serupa. Bahkan pada tahun 1994 muncul gambar berbentuk kalajengking, lebah, bunga dan bentuk binatang atau tumbuhan lainya.

Pada awal musim panas 1997, di Oregon, AS malah muncul sebuah lingkaran aneh yang lebih misterius lagi, yaitu banyak sekali muncul lubang kecil di atas batang gandum. Ilmuwan mendapati, pada lingkaran aneh di ladang gandum dan tanah di sekelilingnya terdapat sejumlah butiran kecil magnetik yang tidak dapat dilihat dengan mata manusia, dan penyebarannya sangat merata, semakin jauh jaraknya dari lingkaran aneh butirannya tampak semakin kecil.

Ulah manusia atau gejala alam
Lingkaran aneh nan misterius di ladang gandum adalah fokus yang selalu menarik perhatian dan penelitian dari kalangan ilmuwan, dan hingga kini belum ada kesimpulan atas sebab terjadinya fenomena tersebut, saat ini terdapat 5 versi utama.

1.Perbuatan manusia.
Cukup banyak yang beranggapan, bahwa apa yang disebut lingkaran ladang gandum itu tidak lebih dari perbuatan iseng seseorang. Menurut ilmuwan Anderro dari Inggris yang telah menyelidiki sekaligus meneliti fenomena tersebut selama 17 tahun lamanya, bahwa ada sekitar 80% lingkaran ladang gandum itu merupakan buatan manusia. Seorang warga Inggris pernah menuturkan kepada media massa, bahwa dia dan beberapa temannya adalah pembuat lingkaran ladang gandum di London, Inggris. Sebelumnya mereka telah mempersiapkan gambar desain, ketika gandum di ladang hampir matang, dengan sebuah paku panjang dipantakkan di ladang gandum, dan paku itu dijadikan sebagai pusatnya, selanjutnya, melingkari permukaan tanah dengan tali, lalu muncullah sebuah lingkaran ladang gandum. Masalahnya, apakah mungkin dia dapat membuat lingkaran tersebut dalam satu malam tanpa alat bantu yang memadai?

2.Medan magnet.
Sebagian lingkaran aneh tersebut telah dikesampingkan kemungkinannya terjadi karena ulah manusia. Sebab struktur gambar mereka (lingkaran aneh) yang rumit, ukurannya yang besar, desain yang indah, sama sekali bukan hasil buatan manusia yang dapat dikerjakan dalam waktu semalam. Meskipun Anderro bersikeras mengatakan bahwa 80% lingkaran ladang gandum itu adalah buatan manusia, namun, dia juga yakin, bahwa 20% sisanya adalah pembentukan alami karena efek medan magnet bumi. Dalam medan magnet terdapat suatu daya gerak yang gaib, dapat menghasilkan suatu arus listrik, sehingga tanaman “berbaring datar” di atas permukaan tanah.

Ahli terkait asal AS yakni Jeffery Walson telah meneliti 130 lebih lingkaran ladang gandum, dan didapati bahwa 90 % disekitar lingkaran aneh tersebut terdapat transformator yang berhubungan dengan kabel tegangan tinggi. Di bawah panjang garis keliling sepanjang 270 meter tersebut terdapat sebuah kolam, oleh karena di-airi, maka ion yang dikeluarkan tanah dari bagian dasar ladang gandum dapat menghasilkan elektrik negatif, sedangkan transformator yang dihubungkan dengan kabel tegangan tinggi menghasilkan elekrik positif. Setelah elektrik negatif dan positif bersentuhan dapat menghasilkan energi magnet listrik, selanjutnya merobohkan gandum lalu membentuk lingkaran aneh. Namun demikian mereka belum bisa memberikan seluruh jawaban dari pertanyaan bagaimana bentuk-bentuk aneh itu dapat terbentuk? Apakah mungkin energi dapat berbentuk bunga atau kelajengking?

3.Angin Tornado
Menurut fisikawan dari Universitas Michigan, AS yakni Dr.Delon Smith, bahwa perubahan musim panas tidak menentu, angin tornado adalah sebab utama yang menyebabkan lingkaran aneh itu. Melalui risetnya dia mendapati, bahwa sejumlah besar lingkaran aneh di ladang gandum yang muncul di sisi gunung atau daerah yang berjarak 60-70 km dari gunung, dimana tempat seperti ini adalah tempat yang mudah sekali membentuk angin tornado. Tapi apakah angin tornado dapat membuat lingkaran dengan ketelitian tertentu tersebut?

4. Buatan makhluk luar angkasa.
Banyak yang meyakini, bahwa sebagian besar lingkaran aneh di ladang gandum terbentuk dalam waktu satu malam, besar kemungkinan adalah hasil karya makhluk luar angkasa. Sejak 1990, fotografer Alexander mengatakan, dia melihat cahaya yang ganjil di ladang gandum, cahaya itu terbang kesana-kemari di antara kedua lingkaran aneh. Keberadaan alien di perut bebek liar di San Franscisco AS barangkali memperkuat dugaan ini.

5.Heterodoxy (pandangan sumbang)
Sejumlah orang percaya, bahwa di balik lingkaran ladang gandum terdapat berbagai macam kekuatan gaib, sama seperti Segi Tiga Bermuda. Menurut dugaan ini, ada yang lantas menyebut lingkaran aneh itu sebagai “pemberitahuan bencana”, agar supaya menyebarkan pandangan sumbang yang meyimpang dari ajaran ortodoks. Mengapa lingakaran aneh tersebut kerap muncul disitu? Dan kini, lingkaran itu pernah muncul di ladang bunga matahari, Rusia, lantas kenapa bisa demikian? Mungkin kita hanya dapat menunggu ilmuwan untuk menyingkapnya lebih lanjut.