Dewa Dewi Olimpus

Mitologi Yunani adalah kumpulan legenda Yunani tentang dewa-dewi Yunani serta para pahlawan yang berawal dan tersebar melalui tradisi lisan.

Mitologi yunani adalah sejarah mendasar/legenda mengenai Yunani kuno yang menyangkut masalah dewa-dewi dan pahlawan, keaslian dunia dan asal mula serta arti praktek budaya dan upacara keagamaan mereka. Sejarah tersebut disampaikan secara lisan secara turun temurun. Sarjana modern mengganti mitos dan studi mereka

terhadap mitos tesebut sebagai upaya untuk mengetahui lebih jauh mengenai agama dan institusi politik Yunani kuno dan Peradaban yunani kuno, dan untuk mendapatkan pemahaman dasar myth-making itu sendiri. Mitologi yunani diwujudkan secara eksplisit dalam kumpulan narasi dan secara implisit dalam representati seni, seperti vase-paintings dan pemberian nazar. Mitos Yunani menjelaskan asal mula dunia dan seluk beluk kehidupan dan petualangan bemacam-macam dewa-dewa, dewi-dewi, pahlawan-pahlawan, dan makhluk-makhluk lain yang berhubungan dengan mitologi. Cerita ini pada awalnya disebarkan melalui tradisi oral-poetic (tidak menggunakan sumber yang tertulis tetapi melalui cerita yang disampaikan secara turun temurun); Mitos Yunani sekarang dikenal terutama dari “kesustraan yunani”. Sumber Sastra tertua yang terkenal adalah epic poems Iliad dan Odyssey, yang memusatkan pada kejadian sekitar Perang Trojan .

Kebanyakan dewa Yunani digambarkan seperti manusia, dilahirkan namun tak akan tua, kebal terhadap apapun, bisa tak terlihat, dan tiap dewa mempunyai karakteristik tersendiri. Karena itu, para dewa juga memiliki nama-nama gelar untuk tiap karakternya yang mungkin lebih dari 1 seperti Demeter. Dewa-dewi ini terkadang membantu manusia dan bahkan memperistri seorang wanita manusia menghasilkan anak yang setengah manusia setengah dewa. Anak-anak inilah yang kemudian dikenal sebagai pahlawan.

Asal Usul Mitologi Yunani

Walaupun ada berbagai mitologi di seluruh dunia kata mitologi berasal dari Yunani yang terdiri dari 2 kata

  • Muthos yang dalam bahasa Yunani berarti sebuah seni bahasa yang menjadi ritual.
  • Logos yang berarti sebuah kata, sabda, firman, cerita atau argumen yang meyakinkan.

Beberapa sumber yang dipakai sebagai rujukan mitologi Yunani antara lain adalah karya-karya Homerus dan Hesiodus.

Pengaruh

Mitologi Yunani mempunyai banyak pengaruh, terutama dalam dunia hiburan

Film/Animasi

Game

  • God of War. Kisah yang dipakai adalah bagian dari Mitologi Yunani yang tidak pernah diteruskan dalam Mitologi itu sendiri, karena itu ceritanya terkesan agak melenceng.
  • Age of Mythology

Rentang Waktu

  • Masa Dewa-Dewi Dasar
  • Masa Para Titan
  • Masa Dewa-Dewi
  • Masa Dewa dan manusia hidup bersama
  • Masa Para Pahlawan

Mitologi yunani sangat berpengaruh terhadap budaya, seni dan sastra pada peradaban barat dan menjadi bagian warisan dan bahasa barat. Mitologi yunani menjadi bagian struktur pendidikan dari masa kanak-kanank, sedangkan puisi dan seni dari zaman kuno sampai sekarang telah diturunkan dari mitologi yunani dan telah menemukan kemoderenan arti dan hubungan pokok mitologi klasik.

Topik dalam Mitologi Yunani

Dewa-Dewi Dasar

Titan

Dewa-Dewi Olympus

Dewa-Dewi Lain

Dua belas Dewa-Dewi Olimpus